MAGISTER TEKNIK SIPIL UNISSULA

">HOME Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak Desember 1998 Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Islam Sultan Agung Semarang memperoleh predikat “A”, prestasi tersebut memacu Universitas Islam Sultan Agung untuk meningkatkan peran ke jenjang yang lebih tinggi yaitu dengan menyelenggarakan Program Pascasarjana (S2) Magister Teknik Sipil. Penyelenggaraan program ini berdasar pada Surat Keputusan Dirjen DIKTI Depdiknas RI No. 340/DIKTI/Kep/2000 tanggal 19 September 2000. Program ini diselenggarakan mengingat tuntutan kemajuan dalam pengelolaan konstruksi, sumber daya air dan infrastruktur secara umum.. Program ini sudah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Nomor : 012/BAN-PT/Ak-V/VII/2007. Program ini disesuaikan untuk dapat diikuti oleh kalangan praktisi, akademisi serta lulusan baru (fresh graduate).
News Update :

WELLCOME / SELAMAT DATANG

Selamat Datang, dan terima kasih telah berkunjung di Blog ini, semoga apa yang ada dalam blog ini bisa bermanfaat buat kita semua.

Trend Perkembangan Teknologi Komputer

Rabu, 26 September 2012


Trend Perkembangan Teknologi Komputer

Ilustrasi perkembangan teknologi komputer Untuk dapat menjadi manusia yang unggul di masa yang akan datang, salah satunya adalah mampu menguasai dan mampu membaca dan berada pada trend Perkembangan Teknologi Komputer. Siapa yang dapat menyangka bahwa teknologi komputer berkembang dengan sangat pesat, dan juga menjadi
salah satu bagian yang cukup vital dalam kehidupan sehari-hari.
Pada awalnya komputer digunakan layaknya menghitung, karena kata komputer sendiri berasal dari kata “to compute” yaitu untuk menghitung. Seiring waktu pun teknologi komputer yang dikembangkan bukan hanya sekedar mesin
penghitung tapi juga mesin yang dapat memproses data. Data yang awalnya berjumlah kecil dan algoritma yang sederhana, perlahan semakin besar dan kompleks. Melihat perkembangan itu, jika disadari setiap
masa waktu, memiliki trend perkembangan teknologi komputer yang berbeda sesuai dengan keadaan masa jaman saat itu. Hal tersebut dikarenakan kemampuan teknologi komputer yang berbeda-beda pula.
Komputer pada awalnya adalah sebentuk mesin yang sangat besar. Semakin kompleks kemampuannya, maka semakin besar pula ukuran komputer tersebut. Bahkan mampu mengisi setengah ruangan kamar kita. Pada saat itu aplikasi atau sistem operasi pilihannya hanyalah sedikit dengan kemampuan yang terbatas pula.
Sistem operasi yang digunakan memiliki fungsi sebagai aplikasi yang membuat agar kita dan komputer bisa berkomunikasi. Salah satu sistem operasi cukup dikenal saat itu bagi para pengguna komputer adalah sistem operasi Unix. Lalu perlahan trend perkembangan teknologi komputer berubah.


1. Personal Computer
Salah satu tokoh yang berhasil mengubah trend perkembangan teknologi komputer adalah Bill Gates, sang punggawa perusahaan yang di dirikannya sendiri, yaitu Microsoft. Dengan usia yang masih sangat muda. Ia pada awalnya mempunyai impian yang sederhana, yaitu berkeinginan bisa membuat setiap rumah memiliki komputer sendiri atau pribadi, dan pada akhirnya yang kita kenal dengan PC (Personal Computer).
Ia mengubah citra komputer yang awalnya hanya mesin yang sederhana dan mempunyai tampilan yang tidak menarik menjadi sebaliknya. Ia telah berhasil membuat komputer menjadi barang yang menarik dan membuat orang-orang ingin memilikinya. Bentuk komputer pun perlahan berubah. Pada awalnya besar, lalu menjadi kecil hingga bisa ditempatkan pada meja kerja kita. Bahkan bentuknya pun beragam. Dengan lahirnya fenomena Personal Computer (PC) tersebut, muncul pula bagian trend perkembangan teknologi komputer yang lain, yang berperan sebagai pendukung. Seperti halnya, memori penyimpan data, memori pemroses data, dan sebagainya.

2. Perangkat Komputer
Perkembangan hardware pada komputer yang selanjutnya mendorong trend perkembangan teknologi komputer. Media-media penyimpan data yang awalnya hanya mampu dengan ukuran yang terbatas dan sangat kecil. Misal disket hanya mampu menyimpan file yang sangat kecil. Bahkan saat itu ukuran disket
sangatlah besar, cukup menyulitkan untuk dibawa. Lalu pada saat ini, disket sudah tergantikan dengan media penyimpanan lain, seperti USB (Universal Serial Bus), CD (Compact Disc), DVD (Digital Video Disc), memory card, dan sebagainya. Bahkan media-media yang disebutkan tadi perlahan sudah ada yang tertandingi. Teknologi hardware memiliki kecenderungan untuk semakin kecil, tapi memiliki kemampuan yang sangat besar. Salah satu dampak perkembangan teknologi komputer adalah oteknlogi game pada komputer. Game pada komputer perlahan semakin semarak, memiliki tampilan grafis yang halus dan sangat cepat.

3. Mobile Computer
Setelah trend perkembangan teknologi komputer pada personal computer bergeser pada teknologi komputer yang dapat dibawa kemana-mana atau dijinjing, yaitu laptop. Penggunaan laptop memungkinkan bagi pengguna untuk melakukan pengoperasian komputer dimana saja dan kapan saja, tanpa harus berada di rumah atau di kantor. Kemudahan itulah yang ditawarkan komputer berjenis mobile.
Selain laptop, lahir pula yang sejenis, yaitu notebook, netbook. Bahkan teknologi komputer pada kemudahan untuk mobile ini yang awalnya berukuran cukup besar, saat ini ukurannya pun beragam dari yang sedang hingga yang mungil. Apalagi didorongnya produsen yang berlomba-lomba menawarkan
harga yang ringan, maka semakin banyak pengguna komputer jenis jinjing ini. Selain itu, trend perkembangan teknologi komputer saat ini memiliki beberapa istilah baru yang diterapkan dalam implementasi teknologi komputer, seperti Green Technology, Cloud Computing, Social Network , mobile computing dan lain sebagainya. Istilah-istilah tersebut dipicu dari perkembangan teknologi komputer. Jika kita perhatikan, maka sesungguhnya trend perkembangan teknologi komputer mengarah pada yang memudahkan kita dalam pekerjaan, hoby atau bahkan sekedar bermain games. Kemudahan itu pun mengarah pada fungsi, penggunaan, bentuk, kinerja yang semakin baik. Bukan tidak mungkin komputer bisa hanya berupa berada di dalam genggaman. Ya seperti yang saat ini bisa terlihat pada wujud smartphone. Kelak mungkin kita tidak bisa membedakan antara komputer dan telepon (karena keduanya dalam satu genggaman).

Share this Article on :

1 komentar:

The Geeks mengatakan...

Terima kasih ya gan atas artikelnya, thanks for sharing :) !!

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
 

© Copyright SISTEM INFORMASI MANAJEMEN (SIM) 2010 -2011 | Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.